Selasa, 01 Maret 2011

Obat Untuk Penyakit Pada Lele

Semenjak terjadinya global worming cuaca akhir - akhir ini ga menentu. Kadang hujan dengan sangat deras, kadang panas yang sangat menyengat tak jarang juga panas sangat menyengat trus hujan deras akibatnya suhu tidak setabil. Bagi pembudidaya ikan lele seperti saya suhu tersebut sangat berperngaruh besar bagi kelangsungan hidup ikan. Berbagai penyakit ikan pun timbul dari penyakit jamur, cacar dll. Karna itu saya ingin berbagi dan sharing mengenai obat/ ramuan apa yang paten untuk mengatasi hama/penyakit lele.

Berikut ini saya tampilkan lele yang kena penyakit.


awalnya timbul bintik-bintik putih di sekeliling badannya / cacar


bentuk kematian dari penyakit cacar

Awalnya kalau timbul penyakit seperti di atas cara mengatasinya, saya gunakan PK. PK tersebut saya larutkan dalam ember /bak dengan volum air secukupnya. Kemudian saya masukan lele yang kena hama tersebut selam 15 menit namun hasilnya tidak memuaskan. Lele yang terserang penyakit ternyata mati semua.

Akhirnya dengan kejadian itu saya pun mencari informasi cara yang tepat mengatasi penyakit tersebut. Menurut teman saya di Bekasi ( Jawa Barat ) kalo penyakit tersebut adalah penyakit cacar. Kata belau cara menanggulanginya yaitu mencampurkan obat supertetra dengan garam kasar dan daun pepaya.

Saatnya telah datang, ikan saya terkena penyakit lagi minggu lalu. Penyakit yang di timbulkan sama akibat cuaca yang ga stabil. Saya pun mencoba ramuan tersebut dengan detail sbb:
1. Siapkan obat supertetra sebanyak 3 butir untuk satu kolam pelastik / terpal ukuran 4x2 m , daun pepaya dan garam secukupnya. Kemudian campurkan dengan air dalam ember.
2. Kurangi volum air dalam kolam setengahnya.
3. Taburkan ramuan tersebut secara merata ke kolam ikan lele.
4. Diamkan selama 12 Jam
5. Kumudian tambahkan air kembali setelah 12 jam

Alhamdulillah hasilnya manjur. Tingkat kematian ikan lele relatif sedikit dan wajar.

Demikianlah sedikit cerita cara mengatasi hama / penyakit ikan lele yang saya praktekan,semoga bermanfaat dan minta masukannya.

3 komentar:

  1. Terimakasih informasi yang baik ini, insya'Allah ada manfaatnya

    Rizal
    Pangkalpinang, Bangka-belitung

    BalasHapus
  2. mohon bantuanya gan,itu bisa untuk jenis penyakit bintik saja,klo yg lain apa bisa gan...
    trima ksh

    BalasHapus
  3. terima kasih atas informasinya berguna bagi saya yg baru mendalami budidaya lele....oh iya slain obat di atas ada alternatif obat yg lain kah..

    BalasHapus